Senin, 05 Desember 2016

Apa Itu YouTube Premium


YouTube Premium (sebelumnya YouTube Red) adalah layanan berlangganan streaming berbayar yang menyediakan streaming bebas iklan dari semua video yang dihosting oleh YouTube, konten asli eksklusif yang diproduksi bersama-sama dengan pembuat situs, serta pemutaran offline dan pemutaran video pada perangkat seluler.

Layanan ini awalnya diluncurkan pada November 2014 sebagai Music Key, hanya menawarkan streaming musik dan video musik bebas iklan dari label yang berpartisipasi di YouTube dan Google Play Music. Layanan ini kemudian direvisi dan diluncurkan kembali sebagai YouTube Red pada tanggal 31 Oktober 2015, memperluas ruang lingkupnya untuk menawarkan akses bebas iklan ke semua video YouTube, bukan hanya musik. YouTube mengumumkan rebranding layanan sebagai YouTube Premium pada 17 Mei 2018, bersamaan dengan kembalinya layanan berlangganan YouTube Music yang terpisah.

Layanan ini pertama kali diluncurkan pada November 2014 sebagai Music Key, yang berfungsi sebagai kolaborasi antara YouTube dan Google Play Music, dan dimaksudkan untuk menggantikan layanan berlangganan pembuatnya sendiri. Music Key menawarkan pemutaran video musik tanpa iklan dari label yang berpartisipasi yang dihosting di YouTube, serta pemutaran latar belakang dan offline dari video musik di perangkat seluler dari dalam aplikasi YouTube. Layanan ini juga termasuk akses ke Google Play Music All Access, yang menyediakan streaming audio bebas iklan dari perpustakaan musik. Di samping Music Key, Google juga memperkenalkan integrasi yang lebih erat antara Play Music dan aplikasi YouTube, termasuk berbagi rekomendasi musik, dan akses ke video musik YouTube dari dalam aplikasi Play Music.Music Key bukanlah terjun pertama YouTube ke konten premium, setelah meluncurkan penyewaan film pada 2010,  dan premium, saluran berbasis berlangganan pada 2013.

Selama versi beta khusus undangannya, Music Key menghadapi penerimaan yang beragam karena ruang lingkup penawaran yang terbatas; Kepala bisnis YouTube, Robert Kyncl menjelaskan bahwa putrinya bingung mengapa video lagu-lagu dari Frozen bukan "musik" dalam cakupan layanan, dan karenanya tidak bebas iklan. Kekhawatiran ini dan lainnya menyebabkan pembenahan konsep Music Key untuk membuat YouTube Red; tidak seperti Music Key, YouTube Red dirancang untuk menyediakan streaming bebas iklan ke semua video, bukan hanya konten musik. Pergeseran ini mengharuskan YouTube untuk meminta izin dari pembuat konten dan pemegang haknya untuk mengizinkan konten mereka menjadi bagian dari layanan bebas iklan; berdasarkan ketentuan kontrak baru, mitra akan menerima bagian dari total pendapatan dari langganan YouTube Red, sebagaimana ditentukan oleh seberapa banyak konten mereka dilihat oleh pelanggan.

YouTube juga berusaha untuk bersaing dengan situs-situs seperti Hulu dan Netflix dengan menawarkan konten asli sebagai bagian dari layanan berlangganan, meningkatkan kepribadian YouTube terkemuka dalam kombinasi dengan produsen profesional. Robert Kyncl mengakui bahwa walaupun banyak tokoh YouTube yang terkenal telah membangun pengikut mereka dan menciptakan konten saat beroperasi dengan "anggaran belanja yang terbatas", dia mengakui bahwa "untuk meningkatkan skala, dibutuhkan jenis perusahaan yang berbeda, jenis keahlian yang berbeda "Seperti bercerita dan" showrunning ".  Kepribadian YouTube yang menonjol, PewDiePie, yang terlibat dalam salah satu dokumen asli yang direncanakan untuk layanan tersebut, menjelaskan bahwa layanan ini dimaksudkan untuk mengurangi laba yang hilang karena penggunaan pemblokiran iklan.

Pada 17 Mei 2018, YouTube mengumumkan rebranding layanan yang akan datang sebagai YouTube Premium, yang secara resmi mulai berlaku pada tanggal 18 Juni. Rebranding datang bersamaan dengan peluncuran kembali YouTube Music, dengan layanan berlangganan terpisah yang hanya berfokus pada musik (itu, seperti sebelumnya, dibundel dengan layanan Premium YouTube yang lebih besar, dan juga ditawarkan kepada pelanggan Google Play Music). YouTube juga mengumumkan bahwa harga layanan akan meningkat dari US $ 9,99 menjadi US $ 11,99 per bulan untuk pelanggan baru; harga yang ada, serta bundling manfaat Premium YouTube dengan langganan Google Play Music, adalah kakek bagi mereka yang berlangganan sebelum rebranding. Bersamaan dengan rebranding, layanan juga diperluas ke Kanada, dan 11 pasar Eropa (termasuk Austria, Finlandia, Prancis, Jerman, Irlandia, Italia, Norwegia, Rusia, Spanyol, Swedia, dan Inggris), dengan lebih banyak ekspansi yang akan datang di masa depan.

Pada tanggal 28 Agustus 2018, Premium YouTube dan Musik YouTube diperluas ke Belgia, Denmark, Luksemburg, dan Belanda,  diikuti oleh Brasil pada bulan September dan Chili, Kolombia, Jepang, Peru, Portugal, Swiss, dan Ukraina pada bulan November.




Pada 12 Maret 2019, YouTube Premium dan YouTube Music diluncurkan di Argentina dan India

0 komentar:

Posting Komentar